BeritaMedia24

Berita Viral Terpopuler Hari Ini

Hot

Wakil Pemimpin Hamas Tewas Karena Ledakan

Wakil Pemimpin
Wakil Pemimpin Hamas Tewas Karena Ledakan

Wakil Pemimpin HamasSaleh Al-Arouri Tewas Di Ledakan Beirut, Israel Bersikeras Bahwa Pembunuhan Di Beirut Bukanlah Serangan Terhadap Lebanon. Israel bersikeras kalau kejadian pembunuhan seorang pemimpin Hamas di Beirut bukan merupakan serangan terhadap Lebanon. Tetapi musuh-musuhnya memberikan peringatan sebuah hukuman atas kematian tersebut.

Israel belum mengkonfirmasi atau membantah kalau mereka yang membunuh Saleh al-Arouri. Maka seorang juru bicara mengatakan kalau itu sebagai “serangan bedah kepada kepemimpinan Hamas”. Hamas mengecam perbuatan itu sebagai “tindakan seorang teroris”, sementara sekutunya, yaitu Hizbullah, melaporkan tindakan itu adalah serangan terhadap kedaulatan Lebanon.

Perdana Menteri Lebanon menyebut Israel berusaha “menyeretnya” masuk ke dalam perang konflik regional. Sehingga media Lebanon memberitakan kalau Arouri, yaitu Wakil Pemimpin politik Hamas, gugur dalam serangan pesawat kosong di Beirut selatan dengan enam orang lainnya. Dua merupakan komandan militer dari Hamas dan empat anggota lainnya yang ikut terlibat.

Dia merupakan tokoh penting dalam Brigade Izzedine al-Qassam, yaitu sayap bersenjata milik Hamas, dan juga sekutu terdekat pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh. Sehingga dia berada di Lebanon dan memiliki peran sebagai penghubung antar kelompoknya dan juga Hizbullah. Maka hampir setiap hari ada baku tembak di antara pasukan Israel dan Hizbullah sejak di mulainya perang antara Hamas dan Israel di Gaza.

Tetapi sejauh ini konflik hanya terjadi di wilayah antara perbatasan Israel dan Lebanon. Sehingga organisasi Hizbullah yang sama seperti Hamas, di anggap sebagai organisasi teroris oleh Israel, Inggris, dan juga lainnya. Mereka merupakan kekuatan militer dan politik terbesar yang ada di Lebanon dan mempunyai menteri di pemerintahan negara itu. Dan pasukan Pertahanan Israel atau IDF menolak untuk memberikan keterangan mengenai tewasnya Wakil Pemimpin.

Saleh Al-Arouri Merupakan Wakil Pemimpin Paling Senior Di Hamas

Pasukan Pertahanan Israel berada dalam kondisi dengan kesiapan yang tinggi di semua wilayah. Dan dalam serangan serta pertahanan, hal ini di sampaikan oleh Laksamana Muda Daniel Hagari dalam sebuah arahan. Maka paling penting yang di sampaikan IDF adalah mereka tetap fokus untuk memerangi Hamas. Tetapi penasihat pemerintah Israel yaitu Mark Regev juga tidak membenarkan kalau Israellah yang melakukan serangan itu.

Tetapi dia berkata kepada media “Siapa pun yang melakukan itu harus jelas kalau ini bukan serangan terhadap negara Lebanon”. Saleh Al-Arouri Merupakan Wakil Pemimpin Paling Senior Di Hamas yang tewas sejak Israel berperang dengan kelompok itu. Maka pada waktu itu, sekelompok orang bersenjata Hamas menyerang Israel dan menyerbu masyarakat di sekitar perbatasan.

Kejadian ini mengakibatkan sekitar 1.200 orang tewas, yang sebagian besar penduduk sipil. Dan mereka menyandera sebanyak 240 orang di Gaza. Maka Israel meluncurkan serangan militer dengan tujuan untuk menghancurkan Hamas. Sehingga kejadian tersebut lebih dari 22.000 penduduk Palestina, yang sebagian besar anak-anak dan perempuan telah tewas akibat dari serangan Israel ke Gaza.

Kantor berita Lebanon memberitakan kalau Arouri tewas akibat serangan dari pesawat tidak berawak milik Israel di pinggiran selatan Beirut tepat di kantor Hamas. Sehingga seorang saksi melihat petugas pemadam kebakaran dan petugas medis sedang berkumpul di sekitaran gedung tingkat tinggi, dan di temukan lubang yang besar di lantai tiga gedung tersebut.

Dan rekaman video yang beredar di media sosial memperlihatkan ada sebuah mobil yang terbakar. Maka terjadi kerusakan parah terhadap bangunan di kawasan pemukiman yang paling ramai. Sehingga Dahiyeh di kenal sebagai sebuah benteng bagi Hizbullah.

Pemimpin Biro Politik Hamas

Pemimpin Biro Politik Hamas yang mengatakan serangan tersebut sebagai “tindakan yang pengecut, melanggar kedaulatan di Lebanon, dan juga memperluas lingkaran agresi”. Maka Hizbullah berkata kalau mereka menganggap tewasnya Arouri sebagai serangan yang serius kepada Lebanon, penduduknya, keamanannya, kedaulatan, dan juga perlawanan.Serta keamanan dan pesan politik yang begitu signifikan dan simbolis di dalamnya”.

Sehingga di katakan kalau serangan itu merupakan perkembangan yang sangat berbahaya selama konflik. Maka dari itu Iran yang mendukung kedua kelompok itu, mengatakan bahwa kematian Arouri “tak di ragukan lagi akan memancing gelombang serangan lainnya”. Dan Menteri Luar Negeri negara Lebanon Abdallah Bou Habib berkata kepada media kalau pemerintahnya sudah berbicara dengan Hizbullah.

Supaya menekankan kepada Hizbullah kalau mereka tak boleh menyatakan tanggapan mereka sendiri. Tetapi Abdallah tidak memberi tahu itu, dan mereka berbicara dengan Hizbullah mengenai hal itu. Sehingga Abdallah sangat prihatin dan penduduk Lebanon tidak ingin terseret dalam konflik ini. dan bahkan Hizbullah pun tidak mau ikut terlibat dalam konflik perang regional tersebut.

Hizbullah sudah meminta agar negara-negara Barat bisa menekan Israel untuk menghentikan semua tindakan dan kekerasannya. Tidak hanya di Beirut dan di Lebanon, tetapi juga di Gaza. Benjamin Netanyahu selaku Perdana Menteri Israel pernah berjanji akan melenyapkan para pimpinan Hamas di mana pun mereka tinggal.

Saleh al-Arouri juga di anggap sebagai pemimpin de facto sayap militer milik Hamas yang berada di Tepi Barat. Hal ini mengawasi serangan di wilayah sana, menurut berita media Israel dia di yakini pernah terlibat dalam pembunuhan dan penculikan tiga remaja Israel di wilayahh Tepi Barat pada tahun 2014 silam.

Wakil Pemimpin Tinggi Hamas

Ribuan orang menghadiri pemakaman Saleh Al-Arouri di Beirut pemimpin tinggi Hamas, yang di duga di bunuh dalam serangan Israel yang di luncurkan di ibu kota Lebanon. Sehingga masyarakat membawa spanduk dengan gambar Saleh Al-Arouri dan mereka mengibarkan bendera Palestina. Dan Hamas juga berada di tengah suara tangisan, doa, dan juga tembakan keras.

Akibat dari kejadian ini, para pemimpin Hamas lainnya bersumpah akan membalas perbuatan tersebut. Dengan tewasnya Arouri merupakan pukulan yang berat bagi Hamas, yang merupakan Wakil Pemimpin Tinggi Hamas. Dan juga tokoh yang penting di Brigade Izzedine al-Qassam, yaitu sayap bersenjata kelompok itu. Sehingga serangan itu juga menyerang sekutunya di wilayah Lebanon.

Di Lebanon sedang fokus dengan apa yang akan di lakukan oleh pemimpin Hizbullah yang sangat berpengaruh yaitu Hassan Nasrallah. Maka kurang dari 24 jam sesudah serangan tersebut, dia mengatakan kepada para anggotanya dalam pidato yang di jadwalkan. Hal ini untuk memperingati komandan Iran yang tewas akibat serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat pada empat tahun yang lalu yaitu Qassem Soleimani.

Dia juga tidak bisa mengabaikan apa yang sudah terjadi di daerah tempat tinggalnya sendiri. Tetapi Nasrallah bicara dari tempat yang di rahasiakan, dan menerangkan pembunuhan Saleh al-Arouri sebagai agresi Israel yang sangat menonjol. Maka hal ini tak akan luput dari hukuman, jika Israel mempertimbangkan memulai perang melawan negara Lebanon. Sehingga pertempuran Lebanon tak akan mengenal aturan atau batas.

Tetapi yang paling penting tidak ada ancaman yang di berikan untuk menyerang Israel, yang menyangkal keterkaitannya dalam pembunuhan itu. Sehingga salah satu tujuan dari Hizbullah adalah menghancurkan Israel Wakil Pemimpin.